Debian

Proyek Debian Luncurkan Rilis Pemeliharaan 9.3 Stretch dan 8.10 Jessie

Debian 9 Stretch adalah rilis stabil dan termutakhir dari Debian. Sebagai distribusi “paling stabil” yang pernah ada, Debian selalu meluncurkan rilis poin atau rilis pemeliharaan yang berisi segala perbaikan dan penambalan celah keamanan yang ditemukan oleh pengguna maupun pengembang.

Debian

Salah satunya Debian 9.3 yang baru saja diumumkan kemarin. Ini merupakan rilis poin ketiga untuk seri 9 Stretch yang—​seperti yang sudah kami sampaikan tadi—​berisi perbaikan keamanan dan beberapa masalah serius. “Proyek Debian dengan bangga mengumumkan pembaruan ketiga dari distribusi Debian 9 (nama kode ‘stretch’) stabil. Rilis poin ini menambahkan koreksi untuk beberapa isu keamanan, begitu juga penyesuaian dengan beberapa masalah serius,” tulis pengembang di debian.org.

Debian 9.3 menghadirkan 60 lebih perbaikan bug, termasuk pada kernel, D-Bus, Debian-installer, GDM3, Tor, Weechat, dan SQLite 3, serta 56 penambalan celah keamanan pada peramban Firefox ESR, Chromium, pemutar media VLC, Thunderbird, dll.

Bersamaan dengan itu, proyek Debian juga menghadirkan rilis poin kesepuluh untuk Debian 8 Jessie dengan banyak perbaikan paket dan pembenahan celah keamanan.

Bagi para pengguna 9 Stretch dan 8 Jessie, Anda dapat memperoleh pembaruan di atas dengan perintah sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade (tidak perlu mengunduh ISO). Bagi yang sudah terbiasa memperbarui Debian dari repositori security.debian.org, Anda tak perlu mengunduh paket sebanyak pengguna yang tak pernah melakukannya.

Bagi yang ingin mengunduh ISO terbarunya, silakan rujuk www.debian.org.

Sumber : https://kabarlinux.id/2017/proyek-debian-luncurkan-rilis-pemeliharaan-9-3-stretch-dan-8-10-jessie/

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *