Debian

Pengembang Umumkan Nama Kode Debian 11 dan 12: Bullseye dan Bookworm

Saat ini, para pengguna Debian tentu masih menikmati versi Debian 9 Stretch sambil menunggu rilis yang belum tentu hadir setengah tahun lagi, Debian 10 Buster. Beberapa waktu yang lalu, tim pengembang justru sudah mengumumkan “rencana” waktu rilis Debian 11 dan 12 beserta nama kodenya.

Bullseye dan Bookworm

Hal yang menarik dari Debian, selain julukan “sistem operasi universal”-nya, adalah penggunaan nama karakter Toy Story sebagai nama kodenya. Kembali di rilis 1.1, Debian menyebutnya sebagai Buzz, yang dilanjutkan dengan nama kode Rex, Bo, Hamm, Slink, Potato, Woody, Sarge, Etch, Lenny, Squeeze, Wheezy, Jessie, serta yang terkini Stretch. Silakan cari bentuk karakter Toy Story tersebut di mesin pencari bila kamu penasaran.

Disinggung melalui cuitan akun @Debian, pengembang menyampaikan bahwa Debian 11 akan dijuluki dengan nama kode Bullseye dan Debian 12 akan dijuluki dengan Bookworm. Menilik cerita Toy Story, Bullseye merupakan nama kuda piaraan Jessie sedangkan Bookworm adalah cacing penjaga perpustakaan di seri Toy Story 3.

Debian 11 Bullseye diperkirakan meluncur dua tahun setelah rilis Debian 10 Buster atau sekitar pertengahan tahun 2021 sedangkan Debian 12 Bookworm hadir dua tahun kemudian, sekitar pertengahan 2023.

Milestone Debian 10 Buster

Emilio Pozuelo Monfort mengabarkan, tanggal 12 Januari 2019 pengembangan calon rilis anyar Debian ini akan memasuki Pembekuan Transisi (Transition Freeze) dan Pembekuan Halus (Soft Freeze) pada 12 Februari 2019.

Seperti yang biasa saya katakan:

Jangan terburu-buru menunggu upgrade. Silakan nikmati terlebih dahulu rilis Debian 9 Stretch!

Sumber : https://kabarlinux.id/2018/pengembang-umumkan-nama-kode-debian-11-dan-12-bullseye-dan-bookworm/

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *