Kernel

Linux 4.17-RC1 Meluncur, Torvalds Masih Enggan Tingkatkan Versi ke 5.0

Setelah meluncurkan kernel Linux 4.16 final dua pekan lalu dan menutup merge window Linux 4.17 hari Minggu waktu setempat, Linus Torvalds mulai mengumumkan kehadiran kandidat rilis awal 4.17. Dengan kehadiran pra-rilis awal ini, para pengguna non-akhir sudah mulai dapat mencicipinya dengan cara mengunduh, mengompilasi, dan memasangnya secara manual.

Kabar Linux

Linus Torvalds mengungkapkan, pra-rilis ini menjadi pra-rilis yang menghapus banyak baris kode. “Saya sangat terkejut dengan jumlah pull request yang berisi penghapusan banyak baris kode,” kata Torvalds via Linux Kernel Mailing List. Penghapusan kode terjadi pada driver staging termasuk irda dan pada beberapa bagian lain. Selain itu juga pada dukungan arsitektur M32R, FR-V, Metag, CRIS, Blackfin, TILE, MN10300, dan S+core.

Dirinya menyebut Linux 4.17-rc1 sebagai “rilis pertama yang lebih banyak menghapus daripada menambahkan kode”.

Yep, di samping menghapus, pra-rilis ini juga menambahkan dukungan arsitektur baru seperti RISC 32-bit dan NDS32.

Kernel 5.0?

Bersamaan dengan itu, obyek git kernel sudah mencapai enam juta. Menurut prediksi, pencapaian tersebut merupakan waktu yang cocok untuk meningkatkan versi mayor kernel ke 5.0. Namun, Torvalds sepertinya masih enggan melakukannya. “Kecuali jika saya tidak menginginkannya (meningkatkan ke versi 5.0 -red), karena saya tidak ingin mudah diprediksi,” tuturnya.

“Nomor versi itu tak berarti apa-apa, yang berarti mereka (pengguna Linux -red) tidak perlu mengikuti peraturan penomoran konyol – meski masing-masing v3.0 dan v4.0 terjadi pada 2 juta dan 4 juta (obyek git).”

Tarball 4.17-rc1 dapat diperoleh melalui www.kernel.org. Sedangkan kernel berbentuk deb untuk pengguna Ubuntu dapat diunduh melalui kernel.ubuntu.com.

Sumber : https://kabarlinux.id/2018/linux-4-17-rc1-meluncur-torvalds-masih-enggan-tingkatkan-versi-ke-5-0/

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *