Arch Linux

Kernel 4.15.6 Dibenamkan di ISO Arch Linux Terkini, 2018.03.01

Jika Anda memasang Arch Linux dengan ISO lawas, dipastikan lebih boros bandwith dan kuota. Itupun hanya masalah enteng. Jika ISO yang Anda pakai super lawas, padahal banyak sekali perubahan mayor yang dilakukan pada berkas konfigurasi atau berkas sistem sejak ISO tersebut dirilis sampai ISO terkini, Anda harus bersiap-siap mengotori tangan sendiri dengan beragam masalah yang berpotensi muncul.

Arch Linux

Untuk mengatasinya, pengembang Arch Linux rutin menerbitkan ISO baru setiap awal bulan. Di bulan Maret 2018 ini, pengembang meluncurkan ISO Arch Linux 2018.03.01 yang menyertakan pembaruan yang hadir selama bulan Februari 2018, salah satunya adalah kernel Linux 4.15.6.

Lalu, apakah Anda wajib mengunduh ISO ini jika ingin memasang Arch Linux? Tidak wajib. Anda tetap dapat memasang Arch Linux lewat ISO lawas. ISO anyar ini cocok untuk Anda yang ingin menghemat bandwith maupun kuota karena pembaruan yang diunduh tak sebesar jika Anda memakai ISO lawas.

Para pengguna aktif tidak perlu mengunduh ISO Arch Linux 2018.03.01, kecuali jika mereka ingin memasang Arch Linux di komputer baru. Mereka hanya perlu menjalankan perintah pacman -Syu untuk mengunduh segala pembaruan seperti pada ISO terbaru.

Berukuran 551MB, ISO ini dapat diunduh melalui cermin repositori Poliwangi atau Ubaya. Jika Anda lebih memilih mengunduh lewat torrent, silakan simak tautannya pada laman archlinux.org.

Sumber : https://kabarlinux.id/2018/kernel-4-15-6-dibenamkan-di-iso-arch-linux-terkini-2018-03-01/

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *