Fedora

Fedora 28 Akan Miliki Ketahanan Baterai Laptop yang Lebih Bagus Secara Default

Satu hal yang masih diakui belum sempurna pada GNU/Linux adalah konsumsi baterai. Saat Anda menggunakan sistem operasi Windows pada laptop tertentu, umur baterai mungkin bisa berjam-jam, beda ketika Anda menggunakan GNU/Linux di perangkat yang sama, umur baterai mungkin bisa lebih pendek.

Masalah seperti ini sebenarnya masalah solutif yang dapat diatasi dengan perkakas Laptop Mode Tools, tlp, dan perkakas lain yang sejenis. Sayangnya, tidak semua perangkat laptop memiliki pengalaman sama apalagi perkakas itu tidak mudah dipakai oleh pengguna kasual atau pemula.

Terima kasih kepada Red Hat, mereka telah meningkatkan pengelolaan power sehingga mampu meningkatkan ketahanan baterai pada distribusi Fedora, dan hasilnya cukup memuaskan.

Hans de Goede membahas perkembangan ini melalui FOSDEM 2018 dengan judul Meningkatkan Ketahanan Baterai Laptop Linux, Mengurangi Konsumsi Power Linux. Di acara tersebut, Hans mengungkapkan empat poin tweak pada manajemen power yang meningkatkan ketahanan baterai pada Fedora secara dramatis. Empat poin yang dimaksud adalah,

  • Mengaktifkan auto-suspend pada perangkat USB Bluetooth
  • Mengaktifkan SATA link PM secara default
  • Mengaktifkan auto-suspend pada codec Intel HDA
  • Mengaktifkan i91h Panel Self Refresh secara default

Dalam pengujian yang ia lakukan pada Lenovo ThinkPad T440s, saat posisi idle konsumsi laptop turun dari sekitar 7,9 Watts sampai 5,6 Watts. Mungkin tidak besar, tetapi ia dapat meningkatkan ketahanan baterai sampai 30 persen.

Untuk menyimak presentase dari Hans de Goede silakan simak video di bawah ini:

Akan hadir di Fedora 28

Peningkatan ini dipersiapkan masuk Fedora 28, yang digadang-gadang meluncur bulan Mei 2018. Jika Anda penasaran dengan kinerja Fedora 28, silakan tunggu citra pra-rilis yang akan hadir beberapa pekan lagi.

Sumber : https://kabarlinux.id/2018/fedora-28-akan-miliki-ketahanan-baterai-laptop-yang-lebih-bagus-secara-default/

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *