Fedora

Fedora 27 Benamkan GNOME 3.26, Dnfdragora, dan Linux 4.13

Tepat Selasa 14 November 2017, Pimpinan Proyek Fedora, Matthew Miller, mengumumkan ketersediaan distribusi GNU/Linux Fedora 27.

Fedora

“Proyek Fedora dengan bangga mengumumkan rilis dan ketersediaan edisi Fedora 27 Workstation dan Fedora 27 Atomic. Fedora 27 memasukkan ribuan pembaruan baik dari Komunitas Fedora maupun proyek-proyek perangkat lunak upstream,” terang Matthew membuka pos pengumuman peluncuran.

Sudah beberapa tahun ini, Fedora menerbitkan tiga varian untuk para penggunanya; Fedora Workstation (untuk lingkungan desktop maupun laptop), Fedora Server (untuk lingkungan server), dan Fedora Atomic (untuk lingkungan Linux, Docker, dan Kubernetes). Jadi, Anda pun bisa memperoleh Fedora 27 dalam bentuk tiga varian berbeda di getfedora.org.

Banyak pembaruan!

Khusus untuk Fedora 27 Workstation, varian ini memperkenalkan desktop GNOME 3.26 dengan fitur-fitur baru dan segar. Silakan baca kabar peluncuran GNOME 3.26 untuk lebih lengkapnya.

Di samping itu, ia juga membenamkan LibreOffice 5.4, kernel Linux 4.13, Mesa 17,2, GCC 7.2, dan Glibc 2.26. Sebagai manajer paket GUI, Fedora 27 kini menggunakan perangkat lunak kekinian dnfdragora, menggantikan Yumex-DNF yang sudah tidak lagi dikembangkan.

“Rilis sebelumnya Fedora membenamkan Yumex-DNF sebagai antarmuka grafis untuk manajemen paketnya. Yumex-DNF sudah tak lagi dikembangkan sehingga diganti oleh dnfdragora di Fedora 27. Dnfdragora merupakan frontend DNF baru yang ditulis menggunakan Python 3 dan libYui, pustaka abstraksi widget yang ditulis SUSE, sehingga bisa dijalankan menggunakan Qt 5, GTK+ 3, maupun antarmuka ncurse,” jelas pengembang.

Selain edisi standar (GNOME), ada Fedora Spin yang memperkenankan calon pengguna memilih Fedora edisi KDE Plasma, Xfce, LXQt, MATE-Compiz, Cinnamon, LXDE, atau Fedora SoaS (Sugar on a Stick)–varian yang cocok dipasang di perangkat USB.

ISO Fedora 27 live maupun media instalasi untuk Workstation, Labs, maupun Spin sekarang tak lagi menyediakan versi 32-bit. Media instalasi jaringan (netinst) masih tetap menyediakan 32-bit di repositori ini. Jadi, jika Anda benar-benar ingin memasang Fedora 27 32-bit, silakan unduh media instalasi tersebut, dengan catatan, proses instalasi sistem harus dilakukan secara daring.

Sumber : https://kabarlinux.id/2017/fedora-27-benamkan-gnome-3-26-dnfdragora-dan-linux-4-13/

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *